Jenis Sablon dan Cara Pengaplikasiannya Dalam Pekerjaan Sehari-hari


Banyak yang menggunakan hasil cetak ini, tapi hanya sedikit yang mengetahui apa itu sablon? Metode dan seperti apa alat yang digunakan dan bagaimana kita bisa memanfaatkan teknik ini untuk membuat sebuah produk yang baru.

Sablon adalah cara mencetak gambar dengan menggosok tinta cetak atau menempelkannya dengan bantuan penyapu melalui blok screen yang disiapkan khusus untuk meregistrasikan gambar cetakan pada substrat seperti kain, kertas, kulit, T-shirt dll. Ini juga disebut sebagai Serigraphy atau Mitography. Teknik pencetakan ini banyak digunakan oleh beberapa seniman dan sebagian besar percetakan untuk pelaksanaan proyek mereka karena dapat digunakan dalam pencetakan pada hampir semua bentuk permukaan dan beragam material seperti kertas, plastik, kain, kulit, kaca, kayu, karet dll.

Ada dua jenis screen yang digunakan untuk sablon. Screen Temporal bertahan untuk periode waktu yang lebih singkat. Cocok untuk produksi cetak satuan atau terbatas pada pakaian dan kertas. Mereka sangat mudah disiapkan dan tidak membutuhkan banyak uang atau usaha. Contoh screen temporal adalah screen stensil kertas dan layar berlapis lilin.

Dan, screen permanen yang memiliki rentang waktu sangat lama dan jika dirawat dengan benar dapat bertahan selamanya. Mereka dapat digunakan dalam mencetak banyak, ratusan bahkan ribuan cetakan. Persiapan mereka dibandingkan dengan screen biasa membutuhkan usaha dan uang yang besar. Contoh screen permanen termasuk layar fotografi, layar pernis dan layar shellac.

Ada berbagai cara mengembangkan screen untuk pencetakan. Beberapa di antaranya telah dirinci dalam diskusi di bawah ini.

1. Persiapan Layar Stensil Kertas. Layar stensil kertas ini sangat mirip dengan persiapan stensil meskipun ini merupakan perpanjangan dari itu. Ini melibatkan transfer desain yang sudah jadi ke kertas yang akan digunakan, sementara memotong area positif (gambar yang akan dicetak) dari kertas. Stensil yang disiapkan kemudian ditempelkan pada blok layar yang diregangkan dengan bantuan selotip. Penyangga yang cukup dibiarkan berfungsi sebagai reservoir tinta. Layar siap untuk dicetak.

2. Layar lilin / Layar lak / persiapan layar Lacquer. Proses persiapan dalam metode persiapan screen ini adalah sama. Satu-satunya perbedaan adalah bahan yang digunakan untuk melapisi area negatif layar yang dapat berupa lilin cair, lak atau pernis. Desain yang sudah selesai dipindahkan ke blok layar yang diregangkan. Dengan bantuan kuas, oleskan lilin cair atau lak tipis atau pernis untuk memblokir area negatif dari desain. Tes layar untuk lubang kecil dengan melakukan tes cetak. Blokir lubang kecil jika ada dengan bahan yang sama. Layar yang disiapkan siap untuk dicetak. Layar yang dipernis sangat tahan lama dan lebih ekonomis dari segi kualitas dan kuantitas. Mereka sangat bagus untuk desain yang sederhana dan berani.

3. Persiapan Layar Fotografi. Persiapan layar fotografi melibatkan penggunaan cahaya dalam mengembangkan atau mengeluarkan desain ke layar. Sumber cahaya bisa alami atau buatan. Oleh karena itu, ada dua cara utama membuat layar fotografi sehingga penggunaan energi matahari (matahari) pada siang hari dan penggunaan lampu neon yang kuat di kotak pemaparan atau pemotretan. Dalam kedua cara ini, layar harus dilapisi di kamar gelap dengan solusi emulsi foto yang dicampur dengan sensitizer. Layar ditempatkan di ruangan yang gelap hingga kering.

Dalam metode energi surya, bagian dalam atau berlubang dari layar dilapisi diisi dengan karung pasir halus di papan kayu datar dan terbalik. Bagian positif dari kertas (di mana desainnya) ditempatkan di bagian depan layar dan ditutup dengan selembar kain. Semuanya terpapar energi matahari (matahari) selama beberapa menit. Durasi tergantung pada intensitas matahari. Layar kemudian dilepas dan dicuci di bawah air mengalir. Area desain akan dibiarkan terbuka dengan area negatif diblokir.

Dalam menggunakan kotak pengembangan atau pemotretan di ruangan gelap, setelah layar dilapisi dengan emulsi foto dan larutan sensitizer, dibiarkan kering. Desain kemudian ditempatkan dengan menghadap ke atas pada kaca kotak pemotretan. Bagian depan dari layar dilapisi kering ditempatkan pada desain dengan bagian dalam atau bagian atas berlubang. Sebuah karung berisi pasir halus atau pakaian berat yang digantung dengan batu diletakkan di bagian berlubang layar hanya untuk memastikan kontak yang kuat antara pelat kaca, kertas dengan desain dan layar. Lampu di kotak pemotretan dinyalakan selama sekitar lima menit. Durasi bisa lebih atau kurang tergantung pada jumlah dan watt lampu neon di kotak pemotretan. Layar dilepas dan dicuci dengan air mengalir. Setelah itu, dikeringkan dan siap untuk dicetak.

Langkah-langkah berikut diikuti saat mencetak dengan layar yang disiapkan.
  1. Siapkan meja cetak.
  2. Tempatkan Substrat (kaos, saputangan, dll.) Di atas meja cetak.
  3. Posisikan screen (sisi kosong di atas) pada media.
  4. Ambil sedikit pasta cetak ke area non-gambar (wadah tinta).
  5. Gambarkan pasta tarik melintasi area gambar layar dengan alat pembersih kaca yang dimiringkan pada sudut yang masuk akal untuk registrasi cetakan.
  6. Periksa cetakan jika cetak yang lebih dalam diperlukan.
  7. Lepaskan, cuci, dan keringkan layar dengan lembut untuk penggunaan di masa mendatang.
  8. Biarkan cetakan mengering dan atau jika diperlukan curing dengan mesin khusus.

Ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan saat mencetak. Ini adalah:

Penempatan screen yang benar. Operator harus memperhatikan dengan seksama bagaimana ia memposisikan screen pada media atau bahan yang akan dicetak. Jika screen ditempatkan secara salah pada media, maka akan mengakibatkan registrasi desain yang salah di area media yang ditunjuk. Juga, jika cetakan diulang pada kain dalam pola atau pengaturan khusus, akan ada celah atau ketidakteraturan dalam pengaturan tersebut.

Tekanan yang sesuai pada squeegee. Tekanan yang diberikan pada squeegee harus moderat dan dipikirkan dengan baik. Ini karena jika tekanan yang diberikan kurang, beberapa area layar tidak akan mendapatkan impresi dalam cetakan. Di sisi lain, jika banyak tekanan diberikan pada layar, itu akan menghasilkan kaburnya desain pada substrat. Ini berarti bahwa tinta cetak atau pasta akan melampaui batas tepi desain. Oleh karena itu, tekanan yang diberikan pada squeegee tidak boleh terlalu ringan juga tidak boleh terlalu banyak.

Pencucian layar secara instan. Layar yang digunakan untuk mencetak harus segera dicuci setelah pencetakan untuk menghindari penyumbatan layar. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa ketika residu tinta cetak dibiarkan tetap berada di layar untuk beberapa saat, ia tidak lagi terhapus dari screen sehingga menyebabkan penyumbatannya. Maka tepat untuk mencuci layar setelah pencetakan dengan sabun atau air hangat dan busa untuk menghilangkan semua residu tinta. Namun, itu harus dicuci dengan lembut jika tidak akan menghasilkan pembuatan lubang kecil yang merupakan area kecil dari screen berupa robek atau mengurangi ketegangan dalam layar peregangan yang kencang.

Mengembangkan screen secara manual atau mekanis adalah pilihan operator berdasarkan sumber daya yang tersedia dan waktu yang harus ia berikan. Setiap proses pengembangan screen dan prosedur pencetakannya membutuhkan kesabaran dan tekad yang tinggi untuk menghasilkan duplikasi desain yang akurat dan hasil yang memuaskan.

No comments:

Post a Comment